Rabu, 25 Januari 2012

Asteroid 2005 YU55 akan mendekat sampai jarak 202.000 Mil dari permukaan Bumi

Suatu hal unik terjadi di dunia luar angkasa kita. Ada sebuah asteroid yang berukuran sebesar kapal induk yang diberi nama asteroid 2005 YU55 akan mendekat sampai jarak 202.000 Mil dari permukaan Bumi. Kendati demikian, asteroid sebesar kapal induk ini tidak akan berbahaya dan beerdampak besar bagi bumi

"Asteroid yang satu ini akan meleset, tapi kita bisa mempelajari banyak pengetahuan saat dia melintas," ungkap Phil Plait, seorang ahli astronomi pengelola BadAstronomer.com, seperti dilansir melalui USA Today, Rabu (2/11/2011).

"Ini adalah saat yang baik untuk menjadi seorang ilmuwan asteroid," tambahnya.

Sampai pada 2028 mendatang, tidak akan ada asteroid seukuran 2005 YU55 yang melintas sampai sedekat ini dengan Bumi.

Asteroid dengan garis tengah 400 meter ini jika menabrak Bumi akan cukup kuat untuk menghancurkan sebuah kota, namun tidak ada kemungkinan terjadinya tabrakan, setidaknya untuk abad ini.

Sementara itu Thomas Statler, seorang ahli astronomi dari National Science Foundation mengatakan, "Asteroid ini tidak berpotensi bahaya, ini hanyalah sebuah kesempatan untuk mempelajarinya."

"Mulai Jumat, 4 November 2011 nanti, NASA dan NSF merencanakan rangkaian pengamatan terhadap asteroid tersebut dengan tujuan memetakan permukaan asteroid beserta unsur-unsur kimia yang dikandungnya. Jarak terdekatnya dengan Bumi diperkirakan sekitar 167.000 mil, pada 2094 yang akan datang," tambahnya.

Buat teman-teman, gak usah takut, namun tetap waspada ya, dan jangan takabbur. setidaknya kita pencegahan lahh

Source:

0 komentar: