Kamis, 19 Januari 2012

Cara Membuat Sistem Informasi Akademik Dengan PHP & MySQL

Ini hanya sekilas mengenai cara membuat sistem informasi Akademik dengan menggunakan PHP dan MYSQL. Adapun cara membuat sistem informasi berikut adalah saya kutip dari website http://emka.web.id. Ada beberapa aplikasi dan langkah-langkah yang diperlukan dalam membuat sistem informasi terutama sistem informasi akademik dengan menggunakan php. Khususnya mungkin bagi anda yang sedang dalam proses penyusunan tugas akhir atau penulisan skripsi. Baik untuk tidak memperpanjang bacot.. haha... silahkan lihat langkah-langkah yang diperlukan untuk membuat sistem informasi akademik di bawah ini.. semoga bermanfaat dan dapat anda jadikan referensi...

Sistem dikembangkan dengan PHP dan MySQL,
Sistem didesain dapat diinstal pada server berbasis Apache, baik versi Windows maupun Linux,
Sistem menggunakan interface HTML yang dilengkapi dengan tampilan berbasis CSS,
Sistem memaksimalkan penggunaan teknologi AJAX, khususnya JQuery,
Sistem mampu menghasilkan file report berupa file Excel dan PDF,
Sebisa mungkin sistem dikembangkan dengan penggabungan tradisi pemrograman prosedural dan OOP, tidak dikembangkan dengan framework apapun (untuk sementara)
Sistem didesain secara terpusat dengan pengelolaan mulai dari tingkat satuan tertinggi (Universitas/Direktur) sampai satuan terendah, Program Studi/Jurusan.
Adapun modul yang akan ditangani nanti antara lain modul data induk mahasiswa/staff/dosen, modul pengelolaan kurikulum, modul pengelolaan jadwal kuliah, modul pengelolaan rencana studi (KRS), modul absensi kuliah, modul pengelolaan nilai kuliah, modul pengelolaan transkrip nilai, modul pendaftaran wisuda, modul administrasi keuangan, modul pengolahan EPSBED dan modul lain (sesuai ide dan perkembangan nanti).

Beberapa Class PHP akan kita pakai dalam pengembangan kali ini, antara lain:

WordPress DB, fork dari class ezSQL yang digunakan oleh project WordPress, untuk pengelolaan database
PHPMailer, untuk mail processing,
PQuery, untuk wrapper JQuery ajax library di PHP,

0 komentar: